Tutorial Surat Lamaran dan Pernyataan CPNS 2017

Pengertian Surat Lamaran dan Pernyataan CPNS



Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai surat lamaran dan pernyataan CPNS, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu surat lamaran dan pernyataan CPNS. Surat lamaran CPNS adalah surat yang digunakan oleh calon pegawai negeri sipil untuk melamar pekerjaan di instansi pemerintah. Sedangkan pernyataan CPNS adalah surat yang berisi pernyataan dari calon pegawai negeri sipil bahwa dirinya bersedia mengikuti segala aturan dan persyaratan yang berlaku dalam penerimaan CPNS.


Cara Membuat Surat Lamaran CPNS



Untuk membuat surat lamaran CPNS, pertama-tama kita harus mengetahui alamat instansi yang akan kita lamar. Setelah mengetahui alamat instansi tersebut, kita dapat membuat surat lamaran dengan format standar yang biasanya digunakan. Format standar surat lamaran CPNS terdiri dari alamat penerima surat, tanggal pembuatan surat, subjek surat, kalimat pembuka, isi surat, kalimat penutup, dan tanda tangan.
Sebelum mengirimkan surat lamaran CPNS, pastikan surat tersebut sudah benar-benar sesuai dengan aturan dan persyaratan yang berlaku. Jangan lupa untuk melampirkan berkas-berkas yang dibutuhkan dalam penerimaan CPNS seperti fotocopy KTP, ijazah, dan sertifikat lainnya.


Cara Membuat Pernyataan CPNS



Pernyataan CPNS juga harus dibuat dengan format standar yang biasanya digunakan. Format standar pernyataan CPNS terdiri dari pernyataan bahwa dirinya bersedia mengikuti segala aturan dan persyaratan yang berlaku dalam penerimaan CPNS, alamat penerima surat, tanggal pembuatan surat, dan tanda tangan.
Pastikan pernyataan CPNS yang dibuat sudah sesuai dengan aturan dan persyaratan yang berlaku. Pernyataan CPNS biasanya menjadi salah satu syarat penting dalam penerimaan CPNS. Jangan lupa untuk menandatangani pernyataan tersebut.


Kesimpulan



Membuat surat lamaran dan pernyataan CPNS memang tidak mudah. Namun, dengan mengikuti aturan dan persyaratan yang berlaku serta membuat surat dengan format standar yang biasanya digunakan, kita dapat memperbesar peluang untuk diterima menjadi pegawai negeri sipil. Jangan lupa untuk memeriksa kembali surat lamaran dan pernyataan CPNS yang dibuat sebelum dikirimkan ke instansi yang dituju. Semoga artikel ini bermanfaat bagi calon pegawai negeri sipil yang sedang mempersiapkan surat lamaran dan pernyataan CPNS.

close